Categories
Uncategorized

Apa Saja Yang Perlu Diperhatikan Ketika Membeli Genset Listrik

Di era yang modern ini semakin banyak orang yang membutuhkan genset. Karena genset sendiri sekarang sudah memiliki peran penting dalam kehidupan manusia. Hal ini dikarenakan hampir semua peralatan rumah tangga serta kantor dan peralatan yang lainnya membutuhkan tenaga listrik. Dengan begitu ketika terjadi pemadaman listrik maka peralatan tersebut tidak dapat dijalankan. Salah satu solusinya yaitu menggunakan genset.

Genset sendiri merupakan singkatan dari generator set. Menggunakan genset ini dapat membangkitkan listrik ketika terjadi pemadaman dari pusat yaitu PLN. Karena saat ini mesin genset sudah dilengkapi dengan berbagai macam teknologi baru yang dapat dikonsumsi untuk masyarakat. Genset listrik ini sangat berguna bagi siapa saja dan di mana saja.

Namun sebelum membeli sebuah genset listrik terbaik  ada beberapa hal yang harus diperhatikan:

  1. Ketahui Kapasitas Genset

Hal pertama yang harus diperhatikan yaitu dengan mengetahui kapasitas genset tersebut. Pastikan kapasitas tersebut sesuai dengan kebutuhan Anda. Karena seiring berkembangnya zaman saat ini sudah ada berbagai macam jenis genset dengan kapasitas yang berbeda-beda. Karena nilai kapasitas genset sendiri juga beragam besarannya. Penghitungan besaran daya genset sendiri menggunakan besaran kVa. Namun penggunaan besaran kVa ini merupakan referensi dari daya yang dihasilkan oleh sebuah genset yang mengacu pada kapasitas daya watt dari generator mesin genset tersebut. Dengan begitu jika penggunaan kVa tersebut didasarkan oleh energi yang dihasilkan oleh mesin yang digunakan tentunya salah.

  1. Mengenai Ukuran Genset

Hal selanjutnya yang harus anda perhatikan ketika membeli genset listrik yaitu bahwa ukuran genset tersebut tidak akan berpengaruh pada besaran daya yang dikeluarkan. Bahkan ketika genset listrik menunjukkan ukuran kVa tidak selalu menunjukkan nilai yang sesungguhnya. Karena biasanya pada mesin genset tersendiri hanya tertulis berapa besaran kVanya. Dengan begitu untuk menghitung Anda bisa menggunakan acuan bahwa 1kva senilai dengan 0,8 kg atau setara dengan 800 watt.

Itulah beberapa hal yang harus diperhatikan ketika Anda membeli genset listrik. Pastikan bahwa anda tidak salah membeli dan sesuai dengan yang anda harapkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *